Halo pembaca (yang mudah-mudahan) setia!
Menepati janji saya seminggu yang lalu, karena seorang pria yang dipegang adalah janjinya (halaaah :D) oleh karenanya saya membuat tulisan ini. Bisa dibilang ini adalah tutorial membuat website yang ringan dan murah. Niat awal saya ingin berbagi kepada pembaca dari beberapa hal yang saya ketahui tentang website. Saya pun masih dalam tahap belajar, dan di dalam aktifitas belajar ini saya mengetahui beberapa hal menarik tentang cara membuat website yang murah dan ringan, harapannya bisa bermanfaat juga untuk pembaca sekalian. Jadi, kuy kita mulai.

Persamaan Persepsi

Baiklah, di awal ini kita samakan persepsi tentang beberapa hal dulu ya. Sebenarnya ini iseng aja sih pengen sharing pengetahuan, tapi ternyata dari survei melalui polling di instastory seminggu yang lalu, saya mendapatkan lebih dari 70 orang yang bersedia untuk membaca jikalau ada sesi sharing tentang web di instastory. Dan dari responden tersebut saya lihat kebanyakan bukan memiliki latar belakang keilmuan IT. Makanya di awal ini kita perlu membahas dan menyamakan persepsi tentang apa yang akan kita buat bersama.

Sesuai yang saya janjikan, saya akan sharing sedikit hal tentang web. Dalam hal ini membuat website yang murah dan ringan.

  1. Kenapa bisa murah?
    karena biaya pembuatan web yang dilengkapi dengan hosting, email domain dan SSL (sertifikat keamanan “https”) kita hanya perlu membayar biaya domainnya aja. Kalau normalnya dengan paket hosting yang seperti itu kita butuh 450 ribuan keatas, kali ini hanya butuh 130 ribuan aja–tergantung harga domainnya berapa. Itu biaya per tahun loh ya.
  2. Kenapa bisa ringan?
    karena tujuan kita ingin membuat web pribadi, jadi bikinnya yang ringan aja deh ya. Biar pengunjung web kita juga gak terbebani dengan load data yang besar.

Kedua prinsip diatas tentu ada konsekuensinya, yaitu butuh effort yang lebih, dari sekedar update tulisan di Wordpress atau Medium contohnya. Kalau pembaca pernah punya akun wordpress dan rajin nulis di blog wordpressnya pasti kalau mau nulis harus Login dulu, terus klik menu Post/Tulisan, lalu disana ada kolom yang harus diisikan judul dan isi dari tulisan kita. Setelah selesai ngetik lalu kita klik tombol Submit/Kirim. Dan dengan ajaib tulisan kita sudah muncul di halaman utama. Terlihat mudah.

Namun dengan cara yang akan kita bahas ini sangat berbeda. Biar saya jelaskan secara singkat. Pertama yang harus diketahui web ini tidak punya fungsi Login. Untuk membuat tulisan di web ini, kita harus membuat sebuah file teks sederhana dalam sebuah folder web yang ada di laptop, lalu kita edit file tersebut dan ketik tulisan kita di dalamnya, bisa menggunakan notepad sederhana bahkan. Setelah selesai ngetik tulisan tinggal kita jalankan command prompt untuk mempublikasikan tulisan kita ke halaman utama web. Terdengar mudah? Hehe untuk pemula belum tentu, tapi di sesi selanjutnya akan kita bahas.

Persiapan Awal

Dalam tulisan Bagian 1 ini, saya hanya akan membahas tentang domain dan membuat email domain aja ya. Sesi selanjutnya baru akan membahas teknis membuat webnya langsung.

Sebagai awalan ada beberapa hal yang harus kita persiapkan.

  1. Nawaitu
    Pertama tentu butuh niat dulu ya :)
    Apalagi saya yakin ada teman-teman yang mungkin baru kali ini “bermain” domain, web, hosting, dan lain sebagainya. Yuk kita mulai “bermain”-nya.
  2. Punya domain sendiri
    Domain adalah identitas unik kita di dunia maya. Jika sebuah web diibaratkan sebuah rumah, maka domain adalah alamatnya. Tentu kita butuh domain dulu sebelum memulai membuat web pribadi ini. Mau beli yang berbayar silahkan, mau coba bikin yang gratis dulu juga boleh.
  3. Punya akun di Zoho Mail
    Kali ini saya mereferensikan produk, tapi jujur saya bukan sales dari Zoho wkwk.
    Alasan saya memilih Zoho Mail adalah karena mereka menyediakan hosting email gratis, tentunya ada batasannya, kita hanya bisa bikin 5 akun email dari domain sendiri. Tapi untuk web pribadi dengan akun email 1 cukup bahkan ya.

1. Domain

Seperti yang saya jelaskan diatas kalau domain itu adalah identitas yang unik, artinya nama domain itu hanya dimiliki oleh 1 host. Misalkan ketika kita ketik google di searh bar pada web browser, pasti yang keluar ya halaman google, tidak mungkin keluar halaman facebook, bisa juga yang keluar tampilan lain jika google kena hack. Woh, siapa juga yang bisa hack google :D

Dan kita tau kalau domain itu beragam ekstensinya. Kalau dibagikan berdasarkan TLD (Top Level Domain) itu ada 2 pembagian. Pertama adalah gTLD (general TLD), contohnya .com, .org, .info, dan masih banyak lagi. Tipe domain ini bebas digunakan oleh siapapun tanpa syarat asalkan mampu bayar sewanya. Kedua ada ccTLD (country code TLD), contohnya .id, .us, .my, dan masih banyak lagi. Tipe domain ini, seperti namanya, dimiliki oleh suatu negara dan kalau mau bikin domain ini biasanya diperlukan suatu persyaratan. Misal kalau mau buat domain .id harus melampirkan KTP.

Nah sekarang, kalau teman-teman mau coba domain yang berbayar silahkan cari di google disana banyak pilihan penyedia layanan domain. Saya tidak mau mereferensikan, nanti dikira salesnya lagi hehe. Terus kalau mau coba yang gratis dulu bisa bikin di Freenom. Tapi kalau mau yang gratisan, ekstensi domainnya kurang menarik, kita gak bisa memilih ekstensi .com, disana adanya .tk, .ga, dan lainnya, tapi kalau buat belajar aja sih lumayan banget.

Kalau yang berbayar, belinya hanya domain aja ya, jangan sama hostingnya. Sedangkan kalau bikin yang gratisan di Freenom pasti kita hanya dapat domain. Hosting yang dimaksud adalah sebuah tempat untuk menyimpan data-data kita yang ada di web. Tapi untuk web ini kita tidak perlu menyewa hosting, bahkan tidak perlu database. Sekali lagi, tidak perlu database.

Loh kok bisa?

Nanti sesi selanjutnya akan kita bahas kenapa kok bisa.

Saya rasa tidak perlu membahas detail tentang membuat domain ya, karena cara bikinnya mudah kok tinggal kita buka web layanan penyedia domainnya, ketik nama domain yang kita mau, terus pilih dan masukkan ke keranjang belanja, lalu kita bikin akun di penyedia domain tersebut, selanjutnya kita bayar deh, atau kalau yang gratisan setelah checkout, domain kita dalam beberapa saat langsung bisa aktif kok.

2. Email Hosting

Yang saya maksud email hosting disini adalah kita membuat email dengan nama domain sendiri. Misalkan saya kan punya domain adnanfajri.com. Dan saya punya beberapa akun email pribadi yaitu :

  • me@adnanfajri.com
  • hello@adnanfajri.com
  • gmail@adnanfajri.com (awas kebalik)

Email tersebut bisa kita bikin dengan mudah dan gratis dengan Zoho Mail yang saya jelaskan diatas. Manfaatnya punya email sendiri tentunya bisa diperkirakan sendiri ya. Mungkin akan jadi lebih bangga kalau ada orang yang minta email kita, atau mungkin kita bisa terlihat lebih profesional kalau menyangkut urusan bisnis, dan banyak lagi kelebihannya.

Ayo langsung kita bikin aja akun di Zoho. Pas daftar kita pilih “Business Email”

Lalu di halaman selanjutnya pilih “Free Plan”

Selanjutnya masukkan nama domain yang sudah kita miliki, dan lengkapi form yang saat ini ada di hadapan kita.

Nah sekarang kita sudah punya akun di Zoho, langsung aja ikutin tutorial yang ada di sebelah kanan ini untuk membuat email domainnya > Tutorial Email Hosting - Zoho Mail

Sebenarnya tutorial itu saya mau tulis ulang, tapi jujur ini tulisan baru banget diketik pas saya update story malam ini. Jadi biar lebih cepat juga penyampaian pesan yang saya sampaikan ini, alangkah baiknya saya mempersingkat waktu supaya tulisan ini bisa segera di publikasikan dan bisa dilihat sama teman-teman pada malam ini juga hehe maafkan kebiasaan deadliners.

Tutorial itu gampang kok buat diikutin, saya pun mengikuti dari cara-cara disitu. Kalau ada yang mengalami masalah, feel free buat komentar di kolom komentar di bawah ini, supaya bisa saya jawab dan teman-teman lain yang mengalami masalah yang sama bisa terjawab juga pertanyaannya.

Ya, saya kira sekian dulu untuk sesi sharing web Bagian 1 ini. Sengaja saya hanya bahas tentang domain dan email hosting aja, biar kita belajarnya pelan-pelan dulu, biar semakin bisa saling memahami. Saling memahami sama webnya, bukan sama saya nya :D

Selanjutnya dalam beberapa hari ke depan saya akan menulis lanjutan dari tulisan ini, dan kita bisa belajar bareng buat web yang murah dan ringan lagi. See you!